by

Komando Inti (KOTI) Mahatidana PEMUDA PANCASILA PC Kabupaten Pasuruan Peduli Mata Air

-Artikel-83 views

Dalam Rangkaian Program Peduli Lingkungan Hidup dan Peduli Mata Air, Minggu Pahing 20 Juni 2021 Kegiatan Bakti Alam Gotong Royong berkolaborasi ini diadakan, dari pukul 08.00 sampai 15.00 WIB di TAGOYA; Taman Gondhang Raya dan Lorong Sungai Mata Air Sendhang Gondhang Raya Kemantren Martopuro Purwosari Pasuruan Jawa Timur.

Kepala Dusun Kemantren Martopuro Peduli Kawasan Mata Air

Sebagaimana undangan Ketua RT 07/08 RW 03 Robby Maksum dan Kasun Kemantren Desa Martopuro Purwosari Joko Suroso, Kanit Binmas Polsek Purwosari Dhany Eka Saputra AIDA, berkenan hadir untuk terlibat dalam Kesadaran Tindakan dan Tindakan Berkesadaran dalam Tata Taman Gondhang Raya TAGOYA serta Lorong Sungai Sendhang; Gerakan Penghijauan Mata Air Sendhang Gondhang Raya berbasis Tanaman Jamu Jamuan Perjamuan Agung Manusantara Indonesia Raya Jagad Renovasi Total 2021 menuju 2045, 100 Tahun Indonesia Merdeka, seperti Tanaman Melati Renteng, Melati Jawa, Buah Srikaya, Mahkota Dewa, Daun Bawang Putih, Daun Pelancar ASI Daun Katu dan Buah Cerme.

Tanaman Hias juga Panitia mendapat dukungan dari PAC Pemuda Pancasila Karang Tengah, Kustanto yang punya spirit kuat bertani dengan beragam cara kreatif inovatif dan semakin full holistik organik.

Ketua RT 07/08 RW 03 Robby Maksum bersama dengan Pak Kasun Kemantren Desa Martopuro, Joko Suroso melakukan kegiatan SINERGITAS kolaboratifnya secara berkelanjutan; dengan beberapa unsur yang sudah terpanggil hingga berbuat aplikatif; untuk berdampak manfaat sebesar besarnya bagi alam dan manusia, seperti kawan kawan Pemuda Pancasila, Komando Inti (KOTI) Mahatidana PEMUDA PANCASILA PC Kabupaten Pasuruan Peduli Mata Air ; Karang Taruna, Forum Komunikasi Pemuda Pemudi Kemantren, Ibu Ibu PKK, Pencinta Bonsai Purwosari Pak Uci dkk; Bamboo Spirit Nusantara, dan Pembibit Tanaman Organik Mr. Mahfudz Kertosari Purwosari, terutama untuk Gerakan Penghijauan Mata Air berbasis Bamboo, kali ini mereka menggunakan Bibit dan Rumpun Bamboo Kuning di sekitar Sendhang Sumber Mata Air Gondhang Raya.

Kanit Binmas Polsek Purwosari Peduli Mata Air Sendhang Gondhang Raya;

sesudah ikut menanam Bibit Tanaman Srikaya dan Melati, Saputra memberikan respon tanggung jawabnya, sebagai bukti komitmen Saputra untuk memberikan dukungan penuh energi sangat aplikatif tepat sasaran dan arahannya di bawah ini;

Kegiatan positif ini harus bisa berkelanjutan jangan sampai hanya berhenti pada hari ini saja. Jikalau rencana untuk merubah Sumber Mata Air yang terbengkalai ini menjadi sebuah Destinasi Wisata/sebuah usaha perekonomian bagi masyarakat sekitar bisa terealisasi maka niscaya akan berdampak positif pula bagi lingkungan sekitar Sumber Mata Air.

Bahkan tidak menutup kemungkinan ruko di depan Sumber Mata Air pun akan merasakan dampaknya terlebih dari segi keamanan. Mengingat saat ini banyak kejadian curanmor dengan TKP di ruko tersebut. Dan tentunya dapat menyerap tenaga kerja juga yaitu sebagai jukir, tentunya dengan prosedur keamanan pula.

Harapan dan Rencana Tindak Lanjut

Untuk menanggapi Saputra dari Sekretaris MPC Kabupaten Pasuruan Louis Maurice menyampaikan :

Kami berharap agar apa yang sudah dilaksanakan pada hari ini dapat berkelanjutan dengan wujud merubah Sumber Mata Air ini menjadi sebuah Destinasi Wisata selain pemanfaatannya bagi penduduk sekitar. Apalagi Kami dari Komando Inti (KOTI) Mahatidana PEMUDA PANCASILA PC Kabupaten Pasuruan sudah mengerahkan sebagian personil dari Kabupaten Pasuruan. Karena Kami tadi juga mendapatkan masukan dari beberapa warga yang turut bergotongroyong dalam pembersihan Sumber Mata Air bahwa beberapa tahun yang lalu juga pernah dilaksanakan kegiatan seperti pada hari ini, tetapi setelah itu tidak ada kelanjutannya.

Kabupaten Pasuruan tidak kalah dengan kabupaten/kota lainnya di Jawa Timur terkait dengan pesona alamnya. Untuk itu Kita sebagai warga Kabupaten Pasuruan harus bisa melihat peluang tersebut sebagai modal untuk memajukan perekonomian warga Kabupaten Pasuruan.

Terkhusus pada Sumber Mata Air yang ada di Desa Martopuro ini pun bisa dimanfaatkan menjadi sebuah Destinasi Wisata yang menjanjikan. Tinggal bagaimana dalam waktu dekat seluruh komponen baik Pemdes, Karangtaruna dan warga serta semua unsur yang sudah tersinergitaskan terkolaborasikan, segera menyatukan pikiran serta tekad untuk merealisasikan hal tsb. Dan Kami sudah meminta kepada Ketua PAC PEMUDA PANCASILA Kec. Purwosari Lasmiadi, untuk mendampingi dan mengawal hingga Sumber Mata Air Sendhang Gondhang Raya ini benar benar bisa menjadi sebuah Destinasi Wisata yang menjadi Pelopor Kepedulian Sumber Mata Air di Indonesia dan Dunia, khususnya di Kabupaten Pasuruan.

Kita ormas PEMUDA PANCASILA mempunyai semboyan Sekali Layar Terkembang Surut Kita Berpantang, sekali kita berjalan maju maka pantang kita untuk mundur. Semoga sumber mata air Desa Martopuro ini dapat memberikan manfaat bagi warga sekitar bukan hanya sebagai pemenuhan air bersihnya tetapi juga pemberdayaan ekonomi masyarakatnya.

 

Penulis : Guntur Bisowarno

Comment

Leave a Reply

News Feed