by

Kodim Sragen Peringati Hari Juang TNI-AD Dengan Menggelar UMKM Go Digital Bersama Babinsa

-TNI-63 views

Wartaindonews, SragenHari Juang TNI-AD adalah tanggal khusus yang diperingati oleh TNI AD dan diperingati setiap tanggal 15 Desember untuk mengenang Pertempuran Ambarawa. Guna memperingati hari itu Kodim 0725/Sragen menggelar beberapa kegiatan diantaranya Donor darah, Ziarah ke makam pahlawan, doa bersama serta menampilkan stand UMKM Go Online bersama Babinsa di Mojo Trade Center atau Selatan pasar Bunder. Rabu (15/12/2021).

Dalam kegiatan tersebut ada banyak stand yang di tampilkan diantaranya Stand TNI-AD, Stand Pemkab Sragen, Stand Polres Sragen, Per Bank kan, STAN UMKM unggulan Sragen, Dealer/Konter, Stand Vaksin, hiburan, permainan dan banyak lagi. Go Digital bersama Babinsa digelar selama 5 hari dimulai hari ini sampai 5 hari kedepan. Setiap hari pukul 09.00 wib dilaksanakan kuliah tentang UMKM oleh Babinsa Penyuluh dan dibuka untuk umum. Kegiatan dibuka pukul 09.00 sampai pukul 21.00 wib. Selain menampilkan stand UMKM Kodim Sragen juga mengadakan lomba melukis kanvas “wisata Sragen” untuk siswa SMP, SMA dan SMK. Lomba lukis dibagi menjadi 2 kategori yakni SMP dan SLTA. Untuk lomba lukis pihak Kodim menyiapkan Trophi dan piala serta uang Rp. 1.000.000 untuk juara pertama, Rp. 750.000 untuk juara Kedua dan Rp. 500.000 untuk juara Ketiga di setiap kategori.

Dalam sambutannya pada acara pembukaan hari ini Danrem 074/Wrt Kolonel Inf Rudy Saladin, M.A. mengatakan bahwa sangat mendukung program kegiatan tersebut karena UMKM merupakan garda terdepan ujung tombak perekonomian berbasis kerakyatan. “Kontraksi ekonomi dimasa pandemi salah satunya bisa diatasi dengan mengaktifkan kembali UMKM karena uang ada di pelaku UMKM, kami sudah memulai upaya untuk meningkatkan UMKM dengan mendidik Babinsa untuk menjadi penyuluh UMKM berbasis online”.

“Selain menjadi sektor usaha yang paling besar kontribusinya terhadap pembangunan nasional, UMKM juga menciptakan peluang kerja yang cukup besar bagi tenaga kerja dalam negeri, sehingga sangat membantu upaya mengurangi pengangguran” ucap Danrem.

Sementara Dandim 0725/Sragen Letkol Inf Anggoro Heri Pratikno,S I.P mengatakan “tujuan Kodim menyelenggarakan kegiatan Go digital bersama Babinsa adalah mengangkat UMKM membangun ekonomi rakyat setelah melewati pandemi covid-19, kegiatan ini kita sandingkan dengan momen hari juang TNI- AD dan di sinergikan dengan Pemerintah Daerah dan Polri, saya berharap kegiatan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat kabupaten Sragen”.

“Go digital bersama Babinsa melibatkan berbagai instansi dan diikuti 119 stand, Kami juga mengadakan edukasi masyarakat tentang aplikasi peduli lindungi serta stand vaksinasi bagi masyarakat yang belum vaksin dan edukasi tentang jualan berbasis online setiap hari dilokasi oleh Babinsa Penyuluh dan Nara sumber lainnya yang berkaitan dengan UMKM berbasis online/digital ” tambah Dandim.

Bupati Sragen Dr Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengapresiasi langkah kodim Sragen yang menghidupkan kembali pasar yang semula terbengkalai. “Tanpa mengabaikan covid-19 mari pelan pelan kita bangkit dari keterpurukan ekonomi karena pandemi”.

Pembukaan UMKM Go Digital bersama Babinsa di tandai dengan pelepasan balon oleh Danrem, Bupati Sragen, Dandim, Kapolres sragen lain lain. (heri/mahmud)

News Feed