by

Kirab Agung Nuswantoro Mojokerto 2019 Hadirkan Spirit Majapahit di Era Milenial

Wartaindonews, Mojokerto – Kejayaan Kerajaan Majapahit yang menyatukan Nusantara dimanapun menjadi inspirasi dan spirit Indonesia untuk bangkit kembali menuju kemenangan dan kejayaan. Hampir di setiap daerah, tema-tema Majapahit selalu di hadirkan dalam gelaran event Festival atau karnaval baik lavel lokal naaional bahkan internasional.

Tak terkecuali di Trowulan Mojokerto sebagai tempat keberadaan Kerajaan Majapahit sudah barang tentu tiap tahun awlalu menyelenggarakan Kirab Agung Nuswantara. Kirab yang menjadi gawe Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Mojokerto, tahun ini di gelar di Pendopo Agung Trowulan Kabupaten Mojokerto, Selasa sore (10/9/2019).

Kepala Disporabudpar kabupaten Mojokerto, Djoko Widjayanto, dalam sambutannya mengatakan, sebanyak 18 kecamatan dari kabupaten Mojokerto mengikuti acara yang bertemakan The Spirit of Majaahit to Victory (Semangat Majapahit Menuju Kemenangan). Ribuan peserta Kirab Agung terdiri dari berbagai elemen masyarakat se- kecamatan kabupaten Mojokerto, disambut oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) kabupaten dan kota Mojokerto yang mengenakan pakaian serba hitam khas Jawa Timur.

Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi mendapatkan kalung bunga oleh salah satu peserta kirab Budaya. Disusul Kapolres kabupaten Mojokerto, AKBP Setyo Koes Heriyatno, Komandan Kodim 0815 Mojokerto, Letkol (Kav) Hermawan Weharima dan kepala Kejari Kabupaten Mojokerto, Rudy Hartono.

Selanjutnya diserahkan Pusaka Pataka Majapahit (Simbol / Lambang Majapahit kepada Wabup Pangkasiadi dan para pejabat tersebut menerima penyerahan pusaka Mojopahit bendera pusaka sang saka Merah Putih umbul umbul gulo klopo, tombak samudra dan payubg gringsing tanda dimulainya Kirab Agung Bumi Nuswantara. Star mulai dari Pendopo Agung Trowulan menuju Lapangan Museum Trowulan.

Ribuan pengunjung terlihat memenuhi di sepanjang akses jalan menuju Museum Trowulan menyaksikan peserta terdiri dari siswa-siswi, paguyuban binaraga, dan masyarakat umum, menampilkan kostum dengan tema kebesaran dan kejayaan kerajaan Majapahit. Kostum ini lengkap dengan manik manik, selendang emas dan mahkota kerajaan, kepada ribuan pengunjung serta tamu kehormatan. Selain itu, beberapa peserta menampilkan seragam paskibraka dan busana khas dari daerah Mojokerto.

“Ini usaha kita untuk uri uri budaya dan menjaga tradisi sekaligus memperkenalkan kepada generasi milenial bahwa kita perlu kejayaan dan kebesaran Majapahit dan menghormati leluhur”. Kita harus bangga bahwa Majapahit ada di sini di Mojokerto yang kita cintai. The Spirit of Majapahit to victory merupakan sebuah nilai-nilai yang luhur dan agung harus menjadi spirit kreatif generasi millenial saat ini. Ujar Wabup dalam sambutannya. (Ki Demang)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed