by

Ketua DPC PDI Perjuangan Garut dan PAC PDI Perjuangan Cilawu Menyapa Janda Tua dan Lansia Tua di Desa Sukamaju

-Nasional-52 views

Wartaindonews, Garut – Jumat berkah dan dalam menyambut hari lahir Bung Karno, Anggota DPRD Garut Yudha Puja Turnawan bersama jajaran Pengurus PAC PDI Perjuangan Kecamatan Cilawu dan didampingi Kades Sukamaju melakukan jemput bola dan pendataan pada Lansia yang tidak mempunyai KK dan e-KTP.

Selain ikut mempasilitasi jemput bola Lansia, Yudha pun blusukan menyapa lansia sambil memberikan bantuan bingkisan paket sembako ke Lansia Tua di dua kampung yaitu Kampung Pasir Kumeli dan kampung Cibulakan Desa Sukamaju Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut, Jawa Barat. Jumat (27 Mei 2022)

Perjuangan turun kelapangan ingin memastikan masuk apa tidaknya para janda tua lansia pada Data Terpadu Kesejahteran Sosial atau DTKS, disamping memberikan tali asih berupa sembako dan uang alakadarnya

” Selama ini kami sering kali saat berbagi, di lapangan terjadi banyak lansia tua yang tidak masuk ke dalam DTKS karena tidak memiliki KK dan KTP tersebut. Salah satunya Mak Juju dan Mak Ijoh ini,” Ucapnya

Hari ini kami bersama Pemerintah Desa Sukamaju dan Disdukcapil Garut jemput bola kerumah warga yaitu Mak Juju dan Mak Ijoh

“Alhamdulillah hari ini akan melaksanakan perekaman di Capil Garut diantar jemput menggunakan mobil Siaga Desa,” ungkapnya.

Menurut Yudha, banyak nya terjadi lansia tidak terdata tersebut diakibatkan dari Pendataan yang kurang serius. Pada hal sudah jelas di Undang-Undang penanganan Fakir Miskin maupun di Permensos Nomor 28 tahun 2017 tentang Verval Data Terpadu Penanganan Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu (DTPFM dan OTM). Bahwa jelas yang masuk di DTKS itu harus melalui mekanisme musyawarah desa atau musyawarah kelurahan, kemudian diverifikasi divalidasi Oleh Dinas Sosial.

“Nah, ini mungkin dalam konteks verifikasi validasi kurang optimal menurut saya, kurang serius. Sehingga banyak orang yang mampu masuk ke dalam DTKS yang masih masih muda dan kuat. Tapi yang lansia tua, bahkan kemarin kan saya menemukan ada lansia yang tidak memiliki KTP dan KK. Sehingga memang dia itu tidak pernah mendapatkan bantuan apa pun,” jelasnya.

Jadi Lanjut Yudha, apa yang dilakukan DPC PDI Perjuangan Garut ini memang merupakan tanggung jawab sosial partai. Memperkuat solidaritas sosial, kerja untuk rakyat adalah skala prioritas terpenting.