by

Kesempurnaan Seorang Laki-Laki Dalam Falsafah Jawa

-Artikel-521 views

Wartaindonews — Arjuna lanange jagat – Arjuna lelakinya semesta… Dalam kisah pewayangan, kesempurnaan seorang laki-laki identik dengan sosok ksatria Arjuna. Sosok ini cukup memberikan gambaran dan bahkan pelajaran bagaimana menjadi seorang pria yang sempurna.

Sekilas, Arjuna adalah seorang ksatria yang good-looking, punya pesona dan dibuktikan dengan banyaknya isteri yang dimilikinya. Namun bukan banyaknya wanita ini yang menjadikannya istimewa.

Dalam falsafah Jawa, banyaknya istrinya Arjuna adalah perlambang jumlah ajian atau ilmu kesaktian Arjuna.

berdasar morfologi itu, para pujangga membuat sebuah sandi mengenai pria sempurna bak Arjuna.

Lelaki sempurna lahir batin (fisik dan mental) dianggap memiliki enam hal yang melengkapi hidupnya.

Enam hal itu ialah: Tahta (kedudukan), Griya (rumah), Wanita (isteri), Turangga (kuda), Kukila (burung), dan curiga (keris).

Konsep kesempurnaan dalam khasanah Jawa berarti kualitas individu yang diwujudkan dalam hal-hal konkrit dalam bermasyarakat. Jadi bukan hanya sekedar penampilan atau kepemilikan kebendaan belaka.

Jadi, bila seorang pria telah memiliki ke’enam hal diatas maka hidupnya dianggap telah sempurna sebagai ksatria. Karena di dalamnya terkandung pula unsur-unsur keagamaan, kemasyarakatan, dan norma susila serta dasar falsafah adiluhung. (Christanto Wibisono)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed