by

Kapolres Sukoharjo Baksos di Kediaman Pencipta Lagu Kroncong Lingsir Wengi

-Daerah-184 views

Wartaindonews, Sukoharjo – Jumat barokah Kapolres Sukoharjo melaksanakan bakti sosial (Baksos) di kediaman sang pencipta lagu kroncong Lingsir Wengi di Kampung Kebonbaru, Desa Pucangan, Kecamatan Kartasura, kemarin.

Sukad (85) merupakan pencipta lagu legendaris asal Sukoharjo, lagu yang paling dikenal adalah Lingsir Wengi yang dinyanyikan dalam irama musik kroncong.

Namun meski lagu lingsir wengi merupakan lagu terkenal di kalangan masyarakat jawa, khususnya di Jawa Tengah, nama Sukad tidak pernah dikenal oleh masyarakat luas.

Yang memprihatinkan kini Sukad hidup seorang diri dan harus berjuang melawan penyakit stroke yang dideritanya sejak 15 tahun lalu. Kini Sukad hidup bergantung kepada anak laki-laki dan menantunya yang bekerja sebagai pengamen jalanan di jogja.

Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas mengatakan, untuk jumat barokah kali ini saya menyambangi rumah bapak Sukad.

“Saya mendapatkan informasi dari Pak Kapolsek bahwa di wilayahnya ada seorang pencipta lagu legendaris namun kini hidupnya memprihatinkan,” kata Kapolres.

Kapolres menjelaskan, dulu sekitar di tahun 1985 Bapak Sukad dan teman-temanya tergabung dalam grub musik kroncong Polsek Kartasura.

“Semoga dengan bantuan ini dapat membantu mencukupi kebutuhan sehari-hari Pak Sukad dan keluarganya,” lanjut Kapolres.

 

 

(Humas Polres Sukoharjo)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed