by

KAI Jateng Melantik Advokat Baru Lagi Dan Melantik Pengurus DPC KAI Semarang Raya dan DPC KAI Salatiga

-Daerah, Nasional-235 views

Wartaindonews, Solo – Walaupun dalam situasi pandemik covid 19 masih belum bisa tertangani secara tuntas 100% oleh Pemerintah RI, namun dengan kebijakan pemerintah, masyarakat tetap diperkenankan melaksanakan kegiatan dengan tetap memperhatikan dan menjalankan protokol kesehatan yang telah dicanangkan oleh pemerintah dengan baik dan benar.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kongres Advokat Indonesia (KAI) Jateng, Advokat Asri Purwanti, S.H., M.H., CIL hari Sabtu tanggal 20 Februari 2021 telah mengadakan Pelantikan Advokat KAI dan sekaligus Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) KAI Semarang Raya serta DPC KAI Salatiga, di Hotel Lor In, Jalan Adisucipto, Karanganyar, Karesidenan Surakarta.

Dalam Acrara Pelantikan tersebut dihadiri para petinggi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) KAI Adv.Erman Umar, S.H.selaku Presiden KAI, Adv.Aprilia Supaliyanto, S.H., selaku Vice President KAI, Adv..Heytman Jansen, S.H., M.H., CLA selaku Sekjen DPP KAI, Adv.Arman Suparman, S.H., M.H. selaku Wasekjen DPP KAI, Adv.Gatot, S.H., MKn., selaku Dewan Penasehat DPP KAI, dan Adv.Asri Purwanti, S.H., M.H., CIL, selaku Ketua KAI DPD Jateng

Pembukaan Sidang Terbuka Pengangkatan Advokat dilakukan langsung oleh Adv.Erman Umar, S.H.selaku Presiden KAI. Dalam sambutannya Erman Umar mengingatkan kepada para advokat yang baru saja dilantik, agar benar-benar mendalami hukum acara pidana maupun hukum acara perdata dalam menjalani profesinya sebagai advokat, serta memahami kode etik Advokat, jangan pernah menyimpang dari kode etik Advokat tersebut, jangan sampai kita sebagai advokat / konsultan hukum / penasehat hukum malah melanggar hukum. Sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat tidak mampu, maka Para advokat KAI sebaiknya datang ke LBH (Lembaga Bantuan Hukum) di daerah masing-masing, untuk menawarkan kerjasamanya dalam menangani kasus-kasus hukum yang menimpa masyarakat kecil yang tidak mampu.

Untuk para peserta yang telah dilantik, langsung mendapatkan Kartu Anggota KAI sebagai advokat KAI, dan menurut Asri mereka semua tinggal menunggu sumpah dari Pengadilan Tinggi Semarang agar nantinya bisa Beracara di Pengadilan menangani kasus-kasus hukum yang ada.

Para peserta pelantikan tersebut secara bergantian telah ikut magang mengikuti praktek beracara baik dalam kasus pidana maupun perdata di berbagai Pengadilan, sesuai janji Asri kepada para peserta saat mereka telah selesai mengikuti PKPA (Pendidikan Khusus Profesi Advokat) dan UKDPA (Ujian Kompetensi Dasar Advokat). KAI DPD Jateng dibawah pimpinan Asri tidak hanya memberi janji tapi bukti..

Setelah acara pelantikan para Advokat KAI selesai, nampaknya Asri tidak mau menyia-nyiakan waktu, Asri sebagai Ketua KAI DPD Jateng juga mengadakan acara Pelantikan Pengurus DPC KAI Semarang Raya dibawah kepemimpinan Adv.Andreas sebagai Ketua, dan Pengurus DPC KAI Salatiga yang diketuai oleh Adv.Sukirman, S.H., Purnawirawan Kombes Polisi di Polda Jateng.

Pesan Asri, kepada para advokat yang baru saja dilantik, sebagai seorang advokat jangan pernah takut dan mundur selangkahpun dalam membela keadilan dan kebenaran dengan cara-cara yang benar sesuai hukum acara maupun peraturan-peraturan yang berlaku dan tetap berpegang teguh pada Kode Etik Advokat Indonesia, jangan malah menghalalkan segala cara demi keuntungan pribadi si pengacara. “Ayo Para Advokat KAI jalankan pekerjaan muliamu dan profesi muliamu (Officium Nobile), jangan hanya membela yang bayar, tetapi tetaplah menjaga marwah (spirit) membela dan menegakkan kebenaran dan keadilan. Pepatah dalam bahasa latin “Fiat Justisia Ruat Coelum” (meski langit runtuh keadilan harus ditegakkan)” demikian pesan Asri.

Menurut Asri banyak pengacara yang tidak menyelesaikan perkara tetapi malah mencari perkara, tidak sedikit pengacara yang menjadi tersangka hingga masuk penjara karena langkah-langkah perbuatannya yang tidak terpuji demi keserakahan dan ambisi pribadinya sendiri.

Congratulation para Advokat KAI dan Para Pengurus DPC KAI Semarang Raya dan Para Pengurus KAI DPC Salatiga yang baru saja dilantik, semoga dapat secara konsisten dan berkesinambungan terus menghasilkan advokat-advokat handal yang bermartabat. (dannyts)

Comment

Leave a Reply

News Feed