by

Hari Gerakan Menanam Satu Juta Pohon

-Artikel-19 views

Purwosari Pasuruan Jawa Timur, Rabu Wage, 13 Januari 2021.

Menyongsong Hari Jadi Desa Purwosari Pasuruan Jawa Timur 10/01/2021

Kita memutuskan dan melakukan untuk bersama sama memperingati “Hari Gerakan Menanam Satu Juta Pohon Internasional”, tahun ini dijadikan sebagai momentum awal menata alam secara sederhana oleh Studio Alam Kertosari.

Sebagai wujud mencintai alam, Studio Alam Kertosari melakukan gerakan menanam pohon. Penanaman pohon diawali dengan menanam pohon mojo dan durian batang tiga (tiga jenis buah) diareal depan Studio Alam Kertosari.

Tahun ini adalah kali pertama dilakukan dan sesuai rencana akan terus menanam pohon hingga berjumlah satu juta pohon sampai tahun 2022.

Berlokasi di desa Kertosari, kecamatan Purwosari, Pasuruan Jawa Timur gerakan ini difokuskan dijalan utama depan Studio Alam Kertosari dan dilanjutkan hingga tepi sungai.

Siap Melakukan Silahturahmi

Selain untuk memperingati hari gerakan menanam satu juta pohon internasional, gerakan ini juga sebagai ajang silaturahmi antara Studio Alam Kertosari dengan warga sekitar dan muspika serta sejawat keluarga besar pencinta alam ‘ujar Wasis Arsadi alias Sabrang ketua pelaksana. Pria kelahiran Malang yang hobi menyusuri sungai dan “rock balancing art” ini menambahkan, bahwa gerakan ini dilakukan sebagai bentuk nyata hubungan baik antara manusia dan alam yang wajib dijaga sampai kapanpun. Dia meyakini jika manusia baik dengan alam maka alampun akan memberikan kebaikannya tanpa diminta.

“alam tempat kita tinggal adalah sama dengan kita, yakni sama-sama makhluk Alloh Subhanallohu Wa Ta’alla. Menanam pohon itu ibarat menyuntikkan serum kesehatan untuk alam. Apabila alam sehat, niscaya kita juga akan sehat” ujar Agus Karyadi, Pembina Yayasan Harmoni Para Salik yang menaungi Studio Alam Kertosari dan juga mantan Komandan TAGANA Indonesia didua periode 2006-2010 dan 2010-2014.

Hadir dalam acara tim Studio Alam Kertosari, perwakilan warga, Guntur Bisowarno perwakilan dari Penghijauan Perlindungan Mata Air Lawang Lanjutan(PPMAL2), Bayu Hadi Waluyo, Omah Gentong Internasional.

Acara yang digelar hari itu (10/01/21) dilaksanakan dari jam 09.00 wib hingga 12.00 wib. Untuk menambah semangat para pegiat, Studio Alam Kertosari menyajikan hidangan khas alam organik hasil sendiri seperti ketela pohon, pisang goreng dan rebus, wedang kemangi.

Sesuai komitmen maka Studio Alam Kertosari akan melanjutkan gerakan menjaga alam dengan aktif melakukan penghijauan diwilayah sendiri dan wilayah lain. Kepada masyarakat memberikan edukasi berupa sekolah alam, jamu dan herbal yang masyarakat sekitar dan umum bisa secara bertahap langsung datang ke lokasi.

Mendoakan Tanaman dan Pohon secara Khusus

Bunda Susi Sri Susmini, Pendoa Nusantara Indonesia Lahir Baru Jagad Renovasi Total 2020 dan Jagad Kedamaian Semesta Raya 2021, berkenan menyusul menanam Pohon Mojo dengan ritual doa lengkapnya, 12/01/2021.

Tanaman Tumpang Sari

Sementara Petani Brambang Organik, Studio Alam Kertosari, Ki Sarno Anto, Rabu Wage, 13/01/2021, sedang menggelut tanah dan menyemprot ladangnya, untuk penanaman Brambang Merah Full Organik Periode berikutnya, siap di kunjungi dan studi belajar bersama sama.

 

Penulis: Suyono dan Guntur Bisowarno

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed