by

Generasi Milenial Harus Berwawasan Kebangsaan

-Daerah-275 views

Wartaindonews, SRAGEN – Bertempat di Gedung Kartini Jl. Raya Sukowati dilaksanakan pembinaan wawasan kebangsaan Kodim 0725/Sragen semester 1 Ta/2019 dengan tema “Melalui kegiatan pembinaan wawasan kebangsaan Ta/2019, TNI AD siap membina dan membentuk masyarakat yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan guna menumbuhkan rasa cinta tanah air dan mempererat ke-Bhineka Tunggal Ika-an dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuhan Republik Indonesia” yang diselenggarakan Kodim 0725/Sragen di hadiri lk 345 orang.

Hadir dalam acara tersebut Dedy Endriyanto, SE (Wakil Bupati Sragen), Letkol Kav Luluk Setyanto, M.P. M (Dandim 0725/Sragen), Ibu.Hj. Tri Susilowati, SKM M.Ph (Fungsional jab kesehatan DKK Kab.Sragen), Perwakilan Perwira Kodim 0725/Sragen serta Perwakilan Siswa SMU, SMK se-Kab.Sragen.

Dalam kesempatan tersebut Komandan Kodim 0725/Sragen menyampaikan, bahwa nasib negara dan bangsa berkaitan semua dengan kalian, “kalian semua harus menyadari serta mempunyai tanggung jawab yang besar karena yang menggerakkan negara Indonesia adalah kalian, ingat pada tahun 1928 semua pemuda Indonesia saat itu menjadi pemuda dewasa, pemuda dewasa adalah yang lebih mengutamakan kepentingan bangsa dan negara dari pada kepentingan pribadi. Kalau kalian masih cinta kepada diri sendiri dari pada cinta kepada negara maka Indonesia tidak akan maju,“ ujar Dandim.

Dari 45 butir Pancasila apabila diamalkan semuanya mengajarkan tentang kebaikan karena pancasila itu sendiri merupakan pedoman hidup bagi bangsa Indonesia. Pancasila adalah ideologi yang paling mendasar bagi bangsa Indonesia, yang juga berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh. Serta menjadi pondasi dengan dibangunnya bangsa Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

“Garuda Pancasila merupakan burung yang sudah dikenal melalui mitologi kuno di sejarah Nusantara (Indonesia), yaitu tunggangan Dewa Wisnu yang berwujud seperti burung elang rajawali. Garuda dipakai sebagai simbol negara untuk menggambarkan Negara Indonesia merupakan bangsa yang kuat dan besar,“ ungkapnya.

“Penting bagi para pemuda para milenial untuk dapat memahami nilai nilai luhur Pancasila dan selanjutnya mengamalkan dalam kehidupan sehari hari. Hal ini dapat membentuk akhlak dan karakter yang baik sehingga dapat membentengi diri dari dampak negatif era globalisasi,“ pungkasnya. (Red/heri)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed