by

Gelombang Tinggi di Perairan Selatan Kebumen

Wartaindonews, Kebumen – Gelombang pasang 20-50 m ke darat dengan tinggi gelombang 5-7 m hingga berdampak pada warung semi permanen di Pantai Setrojenar Kec.Buluspesantren mengalami kerusakan,2 warung rusak total dan satu pos pemantauan (tenda) juga rusak.Kejadian ini pada hari Selasa dini hari sekitar pkl 02.00 – 09.30 Wib tgl 11/06/2019.

Sebagian pedagang sudah merapikan tenda – tenda dan sudah mulai berjualan pagi hingga sore kemaren.Pengunjung di pantai Setrojenar kurang lebih 2000 orang.

Sementara dampak yang menimpa di pantai Ambal, Kec. Ambal, Kab. Kebumen warung-warung yang terbuat dari bambu rusak berat, hingga para pedagang berpindah lokasi tempat berjualan karena kondisi pantai yang terkena dampak gelombang pasang pengunjung/para wisatawan juga ramai meskipun telah terjadi gelombang pasang hingga kemaren sore gelombang air laut masih kisaran 3-5 m dengan jarak luncur 20-30 m ke darat.

Sementara gelombang pasang di pantai ciriwik/suwuk, Kec. Puring, Kab Kebumen mencapai 20-50 m ke darat dengan tinggi gelombang juga mencapai 5-7 m,hingga berdampak pada warung-warung yang terbuat dari bambu mengalami rusak berat.Sebagian pedagangpun juga merapikan tempat-tempat/warung yang rusak dan merekapun berpindah tempat jualan karena ramai dan banyaknya pengunjung/wisatawan.

Hingga sore tadi tinghi gelombang juga masih di kisaran 5-7 m dengan jarak luncur 20-30 m ke darat, kondisi pantai juga masih ramai oleh wisatawan.

Hingga berita ini di muat untuk wilayah yang lain masih terpantau aman dan belum ada laporan berdampak gelombang tinggi.

Upaya yang di lakukan Pusdalops BPBD Kab. Kebumen menghimbau kepada para pemilik warung dan pengunjung agar tetap waspada di pantai selatan Kebumen dengan adanya gelombang tinggi selama 3 hari ke depan,serta menginformasikan kepada masyarakat melalui media sosial. (Ririn SDN)

Kontributor

Comment

Leave a Reply