by

Forum Budaya Mataram Sebagai Wadah Untuk Melestarikan Budaya Nusantara di Aula Pendhapi Gede, Balaikota Surakarta

Wartaindonews, SOLO – Dengan mengusung tema visi “nguri-uri budaya luhur yang beradap dan bermartabat”, Forum Budaya Mataram (FBM) sebagai wadah dari tokoh masyarakat, elemen masyarakat yang sepakat untuk melestarian budaya jawa resmi dikukuhkan hari ini, Minggu 13/10/2019 siang di Pendhapi Gede, Balaikota Surakarta.

Ketua Forum Budaya Mataram, BRM. Kusumo Putro, SH, MH, dalam pidatonya, yayasan Forum Budaya Mataram ini sebagai lembaga badan hukum, wadah para pemerhati dan pelestari budaya dalam memberikan kontribusi terhadap pelestarian budaya Nusantara. Kedepan mudah-mudahan Forum Budaya Mataram ini bisa bermanfaat bagi masyarakat dan kami akan terus bergerak dalam rangka memberikan edukasi dalam rangka untuk bisa mencintai budaya dari seluruh Nusantara, demikian tuturnya .

Kusumo, Forum Budaya Mataram ini, tidak ada kaitannya sama sekali dengan Kraton. FBM hanyalah para pelestari dan pemerhati budaya luhur nusantara yang mandiri.

Dan Forum Budaya Mataram ini tidak terikat dengan lembaga Kraton atau instansi manapun, Forum Budaya Mataram adalah wadah insan masyarakat yang mencintai budaya Nusantara, tutur Kusumo.

Forum Budaya Mataram, lanjut Kusumo akan ikut berperan aktif dalam melestarikan budaya secara nyata dengan memberikan edukasi pengembangan potensi wisata budaya yang selaras dengan alam dan kearifan lokal masyarakat seni dan budaya setempat. Sekaligus untuk menjaga keseimbangan dan keselarasan alam semesta.

Forum Budaya Mataram juga akan berupaya untuk menumbuhkan tunas budaya di dalam mengokohkan kembali budaya Nusantara. (Iman Borneo)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed