by

Festival Urban Farming Glintung Water Street Model Kampung Tangguh Terbaik di Kota Malang

-Nasional-21 views

Wartaindonews, Malang – Selama masa pandemi Covid 19 satu satunya kampung yang tetap membuka kunjungan adalah Kampung Glintung Water Street. Kampung wisata kematik di Kota Malang ini merupakan kampung yang berbasis ketahanan pangan dan urban farming.

Maka tak heran kampung yang berada di RW 5 Kelurahan Purwantoro ini saat masa covid 19 kampung GWS paling siap menjadi Kampung Tangguh mandiri di Kota Malang.

Kesiapan warga patuh terhadap protokol covid 19, ada lumbung pangan, jimpitan sembako, pemulasaraan jenazah dll menjadikan kampung ini jadi tempat studi banding kampung tangguh

Hari minggu 8 November 2020 Kampung GWS mengadakan Festival Urban Farming sebagai penanda dibukanya kembali sebagai tempat kunjungan wisata.

Ageng Wijaya Kusuma sebagai Ketua GWS menyampaikan “pengujung tidak hanya studi kampung tanggung saja tapi bisa wisata edukasi tentang ketahanan pangan, pengelolaan urban farming dan pengembangan kampung proklim”. Sehingga bisa di replikasi di kampung halaman pengunjung.

Mu’arif Camat Blimbing Kota Malang mengapresiasi GWS sebagai kampung yang paling inovatif. “Sumbangan GWS terhadap Kecamatan Blimbing cukup besar dan jadi role model gugus tugas penanganan covid 19”. Sehingga Kecamatan Blimbing Juara sinergitas Kecamatan Se Jawa Timur 2020. Ungkap Mu’arif dalam sambutannya.

Festival urban Farming ini sangat meriah sekalipun di masa pemulihan Covid 19. Gelaran tari tarian khas malang sebagai pembuka acara termasuk pencak silat menujukkan kampung ini ada potensi seno budaya. Pameran ikan hias tanaman hias, produk makanan dan kerajian semua ada di Festival Urban Farming GWS

Ki Demang Ketua Forkom Pokdarwis Kota Malang melihat GWS adalah kampung green tourism “kampung ini menerapkan konsep ekowisata yang edukatif inovatif dan membangun kesadaran lingkungan yang berkelanjutan”.

Konsep konsep gotong royong dan pemberdayaan masyarakat yang saat ini sedang di giatkan oleh desa atau kampung wisata nampaknya menjadi tren wisata berbasis lingkungan. Ungkap Pria yang bernama asli Isa Wahyudi yang juga Penggagas Kampung Budaya Polowijen.

Hadir dalam Festival Urban Farming antata lain Kapolsek Blimbing, Lurah Purwantoro, Anggota DPRD kota Malang, Mahasiswa Diploma Pariwisata Unmer aerta perwakilan kampung tematik se kota Malang. Antusiasme pengunjung lain ingin melihat kesuksesan GWS menjadi Kampung Tangguh Mandiri yang diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur, di Kunjungi oleh Menko PMK Prof. Dr. Muhadjir Effendy serta Kapolda Jatim. (Ki Demang)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed