by

DPD Petani NasDem Umumkan Pemenang Lomba Video Pendek

-Nasional-198 views

Wartaindonews, Garut – Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia yang jatuh pada 16 Oktober setiap tahunnya, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Petani NasDem Kab.Garut telah menyelenggarakan acara seremonial penyerahan hadiah kepada lima finalis peserta lomba video pendek, Rabu (28/10/2020) pukul 14.00.

Yang bertempat di kantor DPD NasDem Kabupaten Garut. Acara yang mengusung tema Inovasi Pertanian dan Inovasi Hasil Olahan Pertanian itu menghadirkan 25 orang yang mewakili kelima finalis Dalam melakukan penilaian, DPD Petani NasDem menghadirkan Ibu Diah Kurniasari dan salah satu dewan juri yang bertindak langsung dalam memberikan tanggapan terhadap kelima video para finalis yang dihadirkan.

Adapun kriteria pemenang lomba video pendek tersebut adalah adanya kesesuaian antara konten dan manajemen videografis dari para peserta lomba, sehingga tampak hubungan timbal-balik yang logis antar adegan yang ditampilkan.

Di samping itu, pemilihan angle, efek suara, iringan musik, dan pengambilan gambar jarak dekat (zoom) ataupun jarak
jauh (wide) juga menjadi kriteria lainnya.

Namun demikian, video dari masing-masing peserta cukup
memperkenalkan produk inovasi dengan baik sehingga para audiens mudah mengikuti materi yang disampaikan.

Acara seremonial ini merupakan puncak dari lomba video pendek yang sudah diumumkan sejak 1 Oktober 2020 dengan melibatkan 63 peserta yang terdiri dari sejumlah gabungan kelompok tani dan siswa Sekolah menengah umum (SMU) di kabupaten Garut.

Ketua DPD Petani NasDem, Dandi Riyadi, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan momentum yang tepat dalam meningkatkan kreativitas para petani dalam mengembangkan intelektual dan keterampilan dengan pemanfaatan teknologi informasi.

Citra yang hendak ditampilkan dalam kegiatan lomba ini adalah meskipun sebagian para petani kita masih memiliki keterbatasan dari segi teknologi dengan peralatannya yang juga sederhana, namun hal tersebut tidak menyurutkan langkah para petani untuk terus berinovasi.

Terbukti, kelompok tani Bahagia Jaya memenangkan hadiah juara 3 dalam video inovasi teknologi pertanian berupa alat pengiris singkong yang efektif dan efisien. Lalu, juara 2 diraih oleh peserta dari SMU Tunas Nusantara Garut dengan video pendek bertemakan teh kewer (dari biji buah kewer) khas Desa Sukalaksana yang teruji ampuh menghalau potensi konstipasi atau sembelit pada gangguan sistem pencernaan.

Minuman ini dikenal juga sebagai “minuman penyambut” bagi orang-orang yang bertamu ke desa Sukalaksana. Terakhir, juara 1 berhasil diraih oleh kelompok tani Mutiara, dengan video dokumenter berjudul alat perajang tembakau tradisional yang terbuat dari bambu dan dikenal memiliki citarasa yang khas pada hasil rajangan tembakaunya.

Dengan demikian, dengan partisipasi para peserta tersebut juga sekaligus membuktikan, bahwa di tengah-tengah pandemic covid-19 ini tidak membuat mereka berhenti dalam berkarya.

Dan melalui kegiatan ini pula, DPD Petani NasDem hendak
menunjukkan kepedulian, apresiasi, serta penghargaan bagi para petani di Garut serta mendorong mereka untuk kreatif dalam berinovasi.

kegiatan seperti ini diharapkan menjadi contoh positif berkesinambungan dan berharap terus ditingkatkan di masa-masa yang akan datang. Sebab, melalui kegiatan seperti ini potensi sektor pertanian kabupaten Garut akan semakin dikenal khalayak luas baik di dalam maupun luar negeri, Ujar Ibu Diah Kurniasari sebagai ketua DPD NasDem Kabupaten Garut. ( MAP )

Comment

Leave a Reply

News Feed