by

Desa Gemantar Mengelola Dana Desa (DD) Dengan Baik Dan Transparan

-Daerah-357 views

Wartaindo.news – Sragen. Suradi (50) Kepala Desa Gemantar, Kecamatan Mondokan, Kabupaten Sragen, sebelum menjabat sebagai Kepala Desa Gemantar, Suradi menjabat sebagai perangkat desa Selama 18 tahun 7 bulan, saat itu Kepala Desa Paidi satu periode, dan Lasio dua priode, Suradi yang sudah lama berkecimpung di balai desa sejak usia 25 tahun merupakan perangkat desa yang baik, jujur, ramah, mudah bergaul dengan masyarakat dan dipercaya oleh dua kepala desa dan warga masyarakat Gemantar, (14 Feb 2019).

Saat ini Suradi menjabat Kepala Desa Gemantar sejak tahun 2013-2019 bulan September, ia mengatakan kepada tim awak media Wartaindo.news Desa Gemantar sendiri ada tiga sekolah, SDN, SDIT dan MIM. bukan hanya sekolah namun di Desa Gemantar juga ada tiga Pondok Pesantren.

Desa Gemantar sendiri terdiri 35 RT, 5 kebayanan dan 2.223 KK yang mayoritas penduduknya petani kebun dan pedagang, sementara Suradi sendiri mempunyai usaha selep padi di desanya, saat ditemui awak media menyampaikan “iya alkhamdulillah mas dengan adanya usaha selep padi bisa buat jagong/Undangan kalau cuma mengharapakan gaji kepala desa ya tidak cukup, dados kepala desa niku yen mboten jagong pekewuh mas, amargi sampun dipunjung sekul ulam” kepala desa itu kalau gak berangkat undangan ya gak enak karena sudah di undangi dan bawakan nasi ayam, ujarnya.

Suradi Kepala Desa Gemantar ini tidak bisa dipungkiri, melihat pembangunan yang terbuka dan transparan cara mengelola Dana Desa (DD). Tim media Wartaindo.news saat melintasi jalan ditengah sawah bangunan cor pun terlihat bagus, dan disetiap perbatasan dukuh dikasih tanda gapura yang terbuat dari bambu, pembuatan gapura dari bambu ini diselenggarakan oleh desa bagi juara 1-2-3 mendapatkan hadiah satu ekor kambing.

Disisi lain ada seorang perempuan yang berjalan kaki sambil menggendong pisang sebut saja Ngatiyem (45) warga Sido Dadi, Desa Gemantar, mengatakan “merasa senang sekarang jalan sudah bagus jadi kalau musim panen mobil/sepeda motor juga bisa lewat, gak seperti jaman dulu mas dalane methel/kepatol, lha niku daleme pak lurah Suradi etan niku lho mas caket gen toko,” rumahnya pak lurah itu lho mas sebelah timur dekat warung, (ucapnya).

Bukan hanya Ngatiyem , Duwi (27) warga Sido Dadi dan warga lain pun merasa senang dengan adanya pembangunan jalan/talut di Desa Gemantar yang saat ini hampir 80% jalan yang sudah bagus, “mudah mudahan pak Suradi terpilih lagi sebagai Kepala Desa Gemantar, lan mugo mugo pak Jokowi dados Presiden maleh geh mas kersane dalane alus kabeh” mudah mudahan pak Jokowi jadi presiden lagi biar jalannya halus.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed