by

Ciptakan Rasa Aman dan Nyaman, Pemda Boven Digoel Gelar Acara Tatap Muka Lintas Etnis

Wartaindonews, Boven Digoel – Bertempat di sekretariat LMA Kabupaten Boven Digoel, Jalan Trans Papua Distrik Mandobo, Kabupaten Boven Digoel. Senin (3/9/2019).

Kegiatan tatap muka lembaga masyarakat adat dengan komponen Lintas Etnis se-Kabupaten Boven Digoel dengan tema “Menciptakan Kedamaian dan Rasa Nyaman di Kab Boven Digoel” kegiatan di pimpin oleh bapak Maret Klaru (Ketua LMA Kab Boven Digoel) dan dihadiri kurang lebih 150 orang.

Hadir dalam acara tersebut Muspika Kab Boven Digoel, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Paguyuban se-Kabupaten Boven Digoel.

Dalam acara tersebut membahas situasi yang berkembang saat ini dan juga membahas konsep pernyataan sikap Boven Digoel damai.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan pernyataan sikap Boven Digoel Damai yang isinya antara lain:

Cermati setiap situasi yang berkembang saat ini untuk kedamaian serta rasa nyaman di Kabupaten Boven Digoel, maka masyarakat Boven Digoel menyatakan komitmennya bersama:

  1. Bersama pemerintah bersatu menjaga dan menjamin kedamaian dalam wilayah di Kabupaten Boven Digoel.
  2. Siap menjaga aset pembangunan dan melanjutkan pembangunan demi kesejahteraan Rakyat Indonesia.
  3. Bersama-sama menjaga kerukunan antar umat beragama dan persekutuan adat dengan mengutamakan musyawarah untuk mufakat.
  4. Menolak tegas segala bentuk tindakan rasisme terhadap suku, ras dan antar golongan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  5. Menolak dengan tegas segala aksi dan tindakan profokatif dari pihak manapun yang berpotensi anarkis dan dapat menimbulkan kerusuhan.
  6. Menolak dengan tegas segala bentuk peredaran ganja, minuman keras dan zat sejenisnya di wilayah adat Boven Digoel.

Acara selesai dengan lancar dan aman telah tercapainya kesepakatan tersebut. (Ririn)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed