by

Bupati Sragen: Penyebab Kematian Tertinggi Adalah Penyakit Yang Tidak Menular

-Daerah-652 views

Wartaindonews, Sragen – Di Dk Terik Kalang Kel. Plumbungan, Kec. Karangmalang, Kab. Sragen dilaksanakan kunjungan Bupati dan Wakil Bupati Kab. Sragen dalam rangka Deteksi Dini Faktor Resiko Penyakit Tidak Menular. Sebelum acara dimulai,diadakan pemeriksaan kesehatan gratis oleh puskesmas karangmalang.

Hadir dalam kegiatan tersebut dr.Hj. Kusdinar Untung Yuni Sukowati (Bupati Sragen), dr Haris amaca(Kepala Puskesmas Kec. Karangmalang), Sriyono S. Sos(Camat Karangmalang), AKP Mujiyono SH. S. Sos(Kapolsek Karangmalang), Budiyanto S. Stp. Msi(Lurah Plumbungan), Ketua RT 18,19,20,21,22,23 dan seluruh Ketua RW beserta warga kebayanan Terik serta tamu undangan.

Dalam sambutannya Bupati Sragen, terbukti bahwa jaman dahulu faktor Penyakit menular antara lain TBC, kusta dll menyebabkan kematian yang sangat tinggi dan jaman dahulu belum ada terlihat orang yang menderita strok namun sekarang penyebab kematian tertinggi adalah penyakit yang tidak menular.

Penyakit tidak menular antara lain jantung, gula, hipertensi. Penyebab penyakit tidak menular antara lain disebabkan oleh merokok, banyak terlalu makan Micin, pemanis dan stress. Deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular bertujuan supaya kalau ada riwayat penyakit bs segera ditangani dan sehat kembali.

“Pemerintah telah mencanangkan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) yang harus dilakukan agar dapat hidup sehat yaitu dengan menjaga pola makan, Istirahat yang cukup 6-8 jam sehari, kelola stres dengan pendekatan agama, olahraga yang cukup, perbanyak makan makanan yang berserat dan buah buahan, berhenti merokok,“ ungkap Yuni. Red(Heri/hms)

Kontributor

Comment

Leave a Reply