by

Bupati Klaten Sampaikan Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2018

-Daerah-1,406 views

Wartaindonews – KLATEN. Bupati Klaten bersama 21 Bupati/Walikota se Provinsi Jawa Tengah atau yang mewakili, Jumat, (29/03/ 2019), menyampaikan laporan keuangan pemerintah daerah (unaudited) tahun anggaran 2018 ke Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Jateng yang beralamat Jl Perintis Kemerdekaan Nomor 175 Semarang.

Penyampaian laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2019 diterima Kepala BPK RI Perwakilan Jateng Ayub Amali.

Dalam sambutannya, Kepala BPK RI Perwakilan Jateng, Ayub Amali mengatakan, setelah laporan keuangan pemerintah daerah disampaikan, selanjutnya BPK akan memeriksa laporan keuangan pemerintah daerah ke kabupaten/kota se Jateng mulai 4 April sampai 3 Mei 2019.

“Temuan pemeriksaan selama pemeriksaan masih bersifat rahasia sehingga belum bisa dipublikasikan,” katanya.

Dijelaskan Ayub, penyelesaian hasil laporan pemeriksaan pada 25 Mei dan hasil pemeriksaan diserahkan pada 27 Mei 2019 dan semoga semua hasilnya baik. Hasil pemeriksaan terhadap laporan keuangan pemerintah daerah ada 4 jenis masing-masing Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Wajar Dengan Pengecualian (WDP), Tidak Wajar dan Tidak Memberikan Pendapat.

“Agar meraih nilai WTP maka yang harus diperhatikan antara lain SDM yang mampu dan menguasai laporan keuangan pemerintah daerah, penggunaan sistem akuntansi yang benar. Kemudian pengelolaan keuangan pemerintah daerah yang benar, penggunaan sistem teknologi informasi yang memadai dan didukung catatan dan dokumen yang lengkap,” paparnya.

Pada acara tersebut juga diberikan kesempatan Bupati/Walikota untuk menyampaikan kata sambutan dan yang dipercaya mewakili sambutan adalah Bupati Klaten Sri Mulyani.

Dalam sambutannya Bupati Klaten mengucapkan terimakasih kepada Kepala BPK RI Perwakilan Jateng yang telah menerima penyampaian laporan keuangan pemerintah daerah kabupaten/kota se Jateng.

Harapannya semua laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Klaten dan Kabupaten/Kota se Jateng tahun 2018 mendapat nilai WTP semuanya.

Maka dari itu, kata dia, pemerintah kabupaten/kota se Jateng mohon bimbingan BPK RI Perwakilan Jateng agar semuanya mendapat predikat WTP. Pemerintah kabupaten/kota se Jateng pada 4 April siap dilakukan pemeriksaan oleh BPK RI Perwakilan Jateng dan mohon doa restu agar meraih predikat WTP.

Tampak mendampingi Bupati Klaten pada acara tersebut antara lain Sekda Jaka Sawaldi, Asisten 2 Sekda Klaten Purwanto AC, Asisten 3 Sekda Klaten Sri Winoto dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah, Muh Himawan. (Madi)

Kontributor

Comment

Leave a Reply