by

Bupati Garut Resmikan Command Center Garut Aplikasi Layanan Smart City Garut

Wartaindonews, Garut – Bupati Garut, H. Rudy Gunawan, meresmikan mulai beroperasinya Command Center Garut dan Aplikasi Layanan Smart City Garut, bertempat di Gedung Pendopo Garut, Selasa (31/12/2019). Acara ditandai dengan penekanan tombol dan gunting pita.

Dalam sambutannya Bupati Garut mengatakan, keberadaan Command Center di kabupaten Garut menjadi titik awal bagi pengembangan informasi yang baik, kemajuan teknologi akan memberikan dampak orang akan tahu kelebihan.

” Tetapi orang juga akan tahu kelemahan kita, itu pun tanpa rekayasa, dan itu harus kita sikapi bersama” kata Bupati Garut.

Masih kata Bupati, diharapkan aplikasi ini bisa terjangkau oleh semua kecamatan, sehingga informasi terkait apapun dapat dilihat dan dibaca oleh warga masyarakat Garut.

”Saya berharap keberadaan Command Center dan Videotron yang saat ini diresmikan dapat bermanfaat dan meningkatkan kemajuan di kabupaten Garut” harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi H Muksin memaparkan, Gedung Command Center Garut adalah sebuah ruangan sebagai pusat visualisasi dan integrasi data, baik yang diperoleh melalui online, offline, internal maupun eksternal yang disajikan secara bersamaan di sebuah layar lebar video wall.

“Pembangunan Command Center Garut merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2019 dimana pada tahun 2019 ini selain Kabupaten Garut yang telah mendapatkan banprov ini, juga terdapat 3 (tiga) kabupaten di Jawa Barat antara lain Kabupaten Cirebon, Kabupaten lndramayu dan Kabupaten Pangandaran” jelasnya.

Sambung Muksin, Keberadaan Command Center sangat strategis karena menjadi lokasi untuk koordinasi antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan kabupaten dan daerah, serta sebaliknya untuk memperoleh informasi lengkap sehingga dapat mengambil keputusan strategis atas segala permasalahan yang muncul.

” Penyediaan Command Center selain untuk membantu kinerja pemerintah, juga harus dapat menghadirkan kemudahan bagi masyarakat, kemudahan itu paling tidak dalam bentuk penyediaan informasi yang lengkap dan akurat yang dibutuhkan masyarakat selama ini” tuturnya.

Tujuan Pendirian Command Center:
a. Koordinasi
b. Komunikasi
c. Kendali
d. Informasi

Fungsi Command Center:
a. Sebagai monitoring room
b. Membantu mempermudah jalannya meeting dan koordinasi antar unit kerja di lingkup Pemkab Garut.
c. Membantu memastikan jalannya meeting, respon dan aksi yang diambil adalah seakurat mungkin sesuai data yang ada
d. Penting dalam melakukan manajemen krisis.

Layanan Command Center :
a. Single Point of Contact.
b. Pemantauan Wilayah (CCTV, Drone)
c. Pelayanan Darurat (Kedaruratan Medis; Kebakaran & Bencana Alam; Keamanan, Ketertlban & Penegakkan Hukum; Kecelakaan Lalu Lintas)
d. Pelayanan Utilitas Publik (Kebersihan Kota; Listrik, Gas & Air; Fasilitas Umum Lainnya)
e. Video Conference

Aplikasi Dispatch System
Aplikasi Dispatch System adalah inti dari operasional sebuah Command Center. Melalui aplikasi ini petugas Command Center menerima informasi, laporan maupun pengaduan dari masyarakat melalui berbagai saluran. Setelah informasi tersebut diterima, petugas dapat langsung mendelegasikan tugas penanganan kepada jajaran operasional yang terkait dilapangan.

APLIKASI LAYANAN SMART CITY GARUT

Aplikasi Layanan Smart City merupakan sebuah aplikasi yang mengintegrasikan beberapa sistem informasi untuk menunjang kemudahan pelayanan informasi kepada publik yang dibangun melalui platform android.

Basis android yang dipakai dalam aplikasi Smart City Garut ini menjadi alasan penting karena tingkat penggunaan smartphone dalam satu dekade terakhir ini sudah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian besar masyarakat karena fasilitas, manfaat dan segala kemudahannya.

Aplikasi Layanan Smart City Garut untuk tahap awal pembangunannya menyediakan berbagai informasi yang mewakili 4 (empat) dimensi antara lain :
a. Smart Government (Aplikasi JDIH, SIPD)
b. Smart Branding (Visit Garut, lnformasi Harga Pangan, Portal Website Garut, Youtube Garutkab TV. Majalah Lokal)
c. Smart Living (Aplikasi LAPOR, lnformasi Periizinan Online, lnformasi Kebakaran dan LAPADRUHAMA yang masih on progress)
d. Smart Economy (lnformasi PDAM, UMKM)
e. Videotron

Videotron ini merupakan media penyebarluasan informasi kepada masyarakat garut yang merupakan kerjasama Pemkab Garut Dengan Kantor Berita Nasional Antara.

Dalam kerjasama ini konten informasi berupa berita foto atau video dengan proporsi informasi yang dimuat sebanyak 60 persen konten informasi nasional dari kantor berita antara dan 40 persen konten informasi lokal yang dikelola oleh pemerintah Kabupaten Garut.

Videotron terletak di seputaran Simpang Lima Garut yang merupakan lokasi strategis karena merupakan pertemuan arus lalulintas dari arah Bandung/ Tasik dan Garut Selatan. (Dede)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed