by

Budi Waseso: Tema Hari Pramuka Tunjukkan Peduli Penanganan Covid

-Daerah-382 views

Wartaindonews, Sragen Upacara Bendera Hari Pramuka Ke 59 Tahun 2020 dengan tema ” Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Dalam Penanggulangan Bencana COVID-19 dan Bela Negara “, bertindak sebagai Pembina Upacara dr. Hj. Kusdinar Untung Yuni Sukowati (Bupati Sragen/selaku Ka Mabicab) dan sebagai Dan Up Titis Setyadinata (Siswa SMKN 2 Sragen) penanggungjawab pelaksanaan Upacara H. Dedy Endriyatno, SE (Wakil Bupati Sragen/Ketua Kwarter Cab.Sragen) .

Hadir dalam kegiatan tersebut dr. Hj. Kusdinar Untung Yuni Sukowati (Bupati Sragen), H. Dedy Endriyatno, SE (Wakil Bupati Sragen), Letkol Inf Anggoro Heri Pratikno, S.IP (Dandim 0725/Sragen), Letkol Inf Yefta Sangkakala , S.sos ( Danyonif Raider 408/Sbh ), Kompol Eko Mardiyanto,SH.MH ( Wakapolres Sragen), Dipto Brahmono, SH (Kasi Intel Kejari mewakili Kajari Sragen), Ahmad Yasin SH.MH (Kepala Pengadilan Negeri Sragen), Drs. Tatag Prabawanto B, MM (Sekda Kab.Sragen) serta Para Asisten Sekda Kab.Sragen Kab.Sragen.

Dalam amanatnya Komjen Pol (Purn) Drs.Budi Waseso (Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka) yang dibacakan oleh dr. Hj. Kusdinar Untung Yuni Sukowati (Bupati Sragen/selaku Ka Mabicab) mengungkapkan, Tema Hari Pramuka yang diperingati pada tanggal 14 Agustus 2020 adalah Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu dalam Penanggulangan Bencana COVID-19 dan Bela Negara.

Tema tersebut sejalan dengan upaya yang ditunjukkan Kwartir Nasionao (Kwarnas) melalui pembentukan Satuan Tugas Penanggulangan COVID-19 dan upaya untuk menggerakkan Pramuka Peduli di seluruh kwartir guna membantu pemerintah daerah mengendalikan wabah, serta membantu warga yang terdampak.
Ketua Kwarnas Pramuka Budi Waseso (Buwas) mengatakan tema Hari Pramuka yang menunjukkan kepedulian terhadap penanganan COVID-19 merupakan perwujudan semangat untuk membantu menanggulangi bencana akibat wabah tersebut.

“Tema tersebut adalah perwujudan dari semangat para pramuka untuk ikut membantu menanggulangi bencana COVID-19 yang sampai saat ini masih menjadi masalah besar bangsa Indonesia, juga di seluruh dunia,” kata Buwas

Sikap siap menolong dan membantu yang dilakukan sejak usia muda, diharapkan dapat menumbuhkan sifat empati, berpengertian, bertoleransi, dan hidup damai bersama seluruh komponen bangsa, tanpa memandang perbedaan yang ada, baik suku, agama, ras maupun aspirasi politik Itulah sebabnya, sejak terjadinya wabah covid-19 yang telah melanda negara kita, gerakan pramuka selalu tanggap dan mengambil bagian dalam upaya penanggulangannya, dimulai dari hal-hal kecil bagi anggota pramuka itu sendiri, seperti mendidik pentingnya menjaga kebersihan tubuh, termasuk rajin mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker bila berpergian ke luar rumah, dan menjaga jarak di keramaian, yang pada intinya juga harus mematuhi protokol kesehatan yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

“ Selanjutnya, para pramuka juga ikut berkreasi membuat masker, baik untuk digunakan sendiri maupun untuk dibagikan bagi yang membutuhkan, membuat dan membagikan handsanitizer, serta penyiapan bantuan makanan untuk dibagikan gratis kepada yang membutuhkan, sampai aktif pula dalam gerakan melakukan penyemprotan desinfektan maupun kegiatan lainnya yang dibutuhkan dalam membantu menanggulangi wabah covid-19 “ imbuhnya. Red(heri/hms)

Kontributor

Comment

Leave a Reply