by

Bersih Desa, Warga Gringging Gelar Tradisi Pentas Seni dan Wayang Kulit

Wartaindonews – SRAGEN. Bersih desa adalah sebuah ritual dalam masyarakat yang merupakan salah satu warisan dari nilai-nilai luhur lama budaya, yang menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kali ini Dukuh Gringging, Desa Gringging, Kec Sambungmacan, Kab Sragen, mengadakan serangkaian acara dalam rangka bersih desa.

Diawali dengan tradisi kenduri di Punden, Jembulan dilanjut dengan atraksi reog dan pada puncak acara di gelar pentas seni wayang kulit semalam suntuk. Digelar di salah satu perempatan jalan yang ada di tengah-tengah dukuh, pagelaran wayang kulit kali ini menghadirkan Dalang yang cukup dikenal di kalangan masyarakat dengan gelar Ki Joko Senden yang pada kesempatan kali ini memainkan lakon SRI MULIH.

Pada kesempatan kali ini dihadiri juga oleh anggota DPRD Sragen yaitu Bombong Lukito Samudro. Ratusan penonton sangat antusias menikmati hiburan yang di suguhkan meskipun sempat diguyur hujan, namun tidak mengurangi animo masyarakat Gringging dan sekitarnya.

Panitia pelaksana yang diwakili Kasih Pratomo, S.Pd, dalam sambutanya mengajak seluruh masyarakat Gringging untuk menanamkan rasa kebersamaan, persatuan, gotong-royong serta menghilangkan rasa individualisme dan egois. Selain wujud rasa syukur, bersih desa diharapkan menjadi salah satu upaya untuk melestarikan budaya Jawa dan menguatkan keanekaragaman, bersifat nasionalisme serta menguatkan nilai-nilai gotong-royong, ucapnya.

Dia menegaskan, pagelaran wayang kulit ini merupakan bagian untuk ikut serta berpartisipasi dalam melestarikan budaya bangsa. Dia menambahkan dengan mengambil lakon SRI MULIH ini diharapkan mudah-mudahan hasil panen warga Desa Gringging nantinya bisa melimpah ruah, karena filosofi dari kata Sri Mulih sendiri yaitu berarti kembalinya sang dewi padi, yaitu sang dewi pemberi pangan.

Selain itu pagelaran wayang kulit juga sekaligus sebagai wujud kecintaan terhadap keberadaan suku, seni dan budaya yang melekat pada bangsa kita. Kegiatan ini sebagai bukti bahwa para sesepuh sangat komitmen untuk selalu melanggengkan seni dan budaya, lewat acara ini kami berupaya untk membangkitkan kembali kepedulian masyarakat, khususnya para generasi muda untuk kembali ke tradisi dan budaya leluhur.

Dalam akhir sambutanya, panitia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat serta semua pihak yang telah mendukung, sehingga semua rangkaian acara bersih desa kali ini dapat berjalan lancar dan sukses, pungkasnya. (S.Widodo)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed