by

Bawaslu Klaten Turunkan 4.797 Pengawas untuk Pemilu 2019

-Daerah-1,098 views

Wartaindonews, KLATEN – Dalam rangka menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak pada Rabu 17 April 2019 mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Klaten menurunkan sebanyak 4.797 pengawas yang nanti akan bertugas melakukan pengawasan secara berjenjang mulai dari tingkat KPU Kabupaten Klaten, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat desa hingga di Tempat Pemungutan Suara (TPS).  Intinya, Bawaslu Klaten siap melakukan pengawasan Pemilu di Kabupaten Klaten.

Hal tersebut ditegaskan Ketua Bawaslu Klaten, Arif Fatkhurrahman pada acara Apel Siaga Patroli Pengawasan Pemilu 2019 yang diadakan di Alun-alun Klaten. Acara apel juga dihadiri jajaran anggota Bawaslu Klaten, diantaranya Azib Triyanto, Tri Hastuti, Dina Nur Hidayati, dan Muhammad Milkan. Hadir juga jajaran Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se-Klaten.

“Pemilu merupakan perayaan demokrasi yang patut dirayakan dengan penuh sukacita, damai, dan rasa kebanggaan sebagai sebuah bangsa yang beradab. Pada 17 April 2019 seluruh anak bangsa yang berhak memilih akan menggunakan hak pilihnya untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD Provinsi dan anggota DPRD Kabupaten/Kota,” kata Arif dalam sambutannya seraya membacakan amanat Ketua Bawaslu RI, Abhan.

Menurut Arif, aspek keserentakan pada Pemilu 2019 menjadi ujian besar bagi Bawaslu sebagai lembaga pengawas Pemilu yang telah 11 tahun mendedikasikan dirinya menjaga hak pilih rakyat.

Menyadari hal tersebut maka selama berlangsungnya tahapan Pemilu 2019 yang dimulai sejak 17 Agustus 2017, Bawaslu telah melakukan berbagai upaya serius guna mengakselerasi kesiapan dan kematangan seluruh jajaran  dalam menghadapi setiap tahapan Pemilu termasuk pengawasan masa tenang, hari pemungutan dan penghitungan suara dan rekapitulasi suara hasil pemilu serta kesiapan penanganan setiap pelengaran dan sengketa proses Pemilu 2019.

Lebih lanjut dia mengatakan, perincian petugas pengawasan Pemilu yang diterjunkan Bawaslu Klaten masing-masing Ketua dan anggota Bawaslu lima orang, Ketua dan anggota Panwascam 78 orang, Pengawas Pemilihan Desa/Keluarahan  (PPD) ada 401 orang dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) sebanyak 4.313 orang.

“Untuk PTPS akan bekerja selama sebulan mulai 25 Maret  sampai 24 April 2019. Seluruh potensi petugas pengawasan Pemilu siap melaksanakan tugas pengawasan khususnya untuk menangkal politik uang pada masa tenang, 14 sampai 16 April 2019 sehingga Pemilu berlangsung jujur, adil dan demokratis,” tegasnya.

Pada Apel Siaga Patroli Pengawasan Pemilu 2019 juga dibacakan ikrar kesiapan pengawasan anti politik uang pada Pemilu 2019 sehingga seluruh personil Bawaslu, PPK, PPD dan PTPS mampu melaksanakan tugas pengawasan secara baik. (Madi)

Kontributor

Comment

Leave a Reply