by

Bawaslu Kabupaten Garut Kunjungi Sekretariat DPC PDI Perjuangan Garut

-Nasional-18 views

Wartainonews, Garut – Dalam rangka persiapan Pemilu Serentak Tahun 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Garut Kembali melakukan kunjungan ke kantor Partai Politik Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia ( DPC PDI Perjuangan ), Jln Merdeka, Desa Jayaraga, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Rabu (22/06/2022) siang.

Dalam Kunjungannya dihadiri langsung oleh Ketua Bawaslu Garut Dr. Hj. Ipah Hafsiah Yakin., SE., M.Si.,MM. yang disambut langsung oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Garut, Yudha Puja Turnawan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Garut Ipah Hafsiah Yakin mengatakan bahwa dalam kunjunganya ke Partai Demokrasi Indonesia (PDI Perjuangan) sudah termasuk agenda kunjungan Kerja Bawaslu.

“Ini sudah terlaksanakan dan sudah terjadwal. Senin kemarin ke PPP terus, ke Partai Nasdem juga, tadi pagi ke Partai Golkar, sore ini ke PDI Perjuangan dan besok di lanjut lagi ke Partai yang sudah di Jadwalkan,” kata Ipah Hafsiah Yakin.

Dikatakan Ipah, Esensi dari kunjungan kerja Bawaslu ke Partai Partai Politik Peserta Pemilu yang ada di Kabupaten Garut khususnya PDI Perjuangan ini adalah untuk penyelenggaraan pemilu.

“Ini adalah tanggung jawab bersama Komponen bangsa yang di dalam nya tentunya keberhasilan dan kegagalan pemilu tergantung faktor dan aktor, Kebetulan kami sebagai aktor penyelenggara Pemiludan peserta Pemilu itu ada di Partai politik,” katanya.

Lanjut Dikatakan Ipah, Ini harus ada sinergitas tentu sinergitas nya untuk mengawal dan menghasilkan pemilu yang demokratis dan berintegritas khususnya di Kabupaten Garut.

Disamping itu Bawaslu juga mensosialisasikan regulasi-regulasi sesuai dengan tupoksi dari Bawaslu yaitu mengawasi semua tahapan pemilu tentu di dalamnya harus ada sosialisasi sosialisasi yang disampaikan.

“Didalam UU No 7/2017 ada pelanggaran tindak pidana pemilu, ada pelanggaran administrasi, ada pelanggaran kode etik itu perlu di sampaikan ke peserta pemilu Mana saja yang masuk pelanggaran kepada pelanggaran tindak pidana pemilu, Pasal Mana Pelanggaran administrasi, dan Pelanggaran kode etik,” ujarnya usai mensosialisasikan.

Sementara itu Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Garut, Yudha Puja Turnawan mengucapkan terimakasih dan Mengapresiasi kepada Bawaslu Kabupaten Garut yang telah mengunjungi DPC PDI Perjuangan Kabupaten Garut.

“Kami sangat berkomitmen Kepengurusan kami dari tingkat DPC, PAC Rating sampai ke anak ranting PDI Perjuangan se-Kabupaten garut Untuk taat asas terhadap aturan yang ada dan sama sama berkomitmen bahwa pemilu itu harus jurdil berkualitas dan berintegritas,” kata Yudha.

Sambung Yudha, Tentunya harapan kami harus ada sosialisasi lanjutan aturan aturan yang baru karena memang sementara ini masih UU No 7/2017. Bawaslu belum mensosialisasikan aturan yang baru. Baru ekedar silaturahmi.

“Untuk Menjaga pemilu berkualitas Kami akan menyiapkan saksi-saksi yang berkopenten yang berkualitas juga untuk di tempatkan di TPS-TPS di 2024. Harapan kami juga bawaslu menyiapkan pengawas tingkat desa yang memiliki pengawas yang berkopenten juga,” pungkasnya.