by

Awal Tahun 2020 Baznas Kabupaten Garut Akan Laksanakan Pendayagunaan dan Pendistribusian

Wartaindonews, Garut – Diawal Tahun 2020 Badan Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Garut telah melaksanakan beberapa kegiatan Pendayagunaan dan Pendistribusian dari lima program Baznas Garut.

Salah satu program nya yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat menjadi lebih baik. Baznas akan mendorong peningkatan kesejahteraan pemilik warung kecil melalui program Z-Mart atau warung Zakat.

Saat ditemui diruang kerjanya, Jumat (10/1/2020) di Komplek Islamic center Jl.Pramuka Kab Garut. Ketua Baznas Rd Aas Kosasih menyampaikan di bulan januari dan Februari 2020, kita akan mencoba adanya percontohan pendayagunaan ekonomi mustahik yaitu dengan program z-mart atau warung zakat untuk ditiga Kecamatan yaitu Kec. Garut Kota, Kec.Tarogong Kidul dan Kec.Tarogong Kaler, ucapnya.

Dikatakan Rd Aas, Kemarin saya meminta pada para pengurus UPZ masing masing dari tiga Kecamatan tersebut mengusulkan 30 orang, jadi kalau dijumlahkan menjadi 90, dari tersebut akan untuk memperebutkan porsi 50 orang. Tapi kenyataan saat ini, kita menerima secara hasil kajian asesmen dilapangan dari pendamping kami dari Baznas pusat, hanya 27 orang yang layak diberikan bantuan.

”Insyaallah di bulan ini sebanyak 27 penerima manfaat, di tiga kecamatan kita akan bantu program Z-Mart dan sisanya sebanyak 23 lagi akan diberikan pada tahap kedua, ungkapnya.

Lebih jauh Rd Aas mengatakan di hari Senin akan datang kami akan membantu 20 orang masyarakat yang terkena musibah kebakaran dari pasar Guntur, masing masing korban akan diberikan Rp.1 Jt perorang, selain itu di bulan ini juga kita akan menyalurkan bantuan program Garut peduli untuk Rumah Tidak Layak Huni(Rutilahu) sebanyak 20 orang
dengan nilai Rp. 10 Jt perorang.

”Bantuan dibagi dua tahap penyaluran, pertama Rp. 5 Jt sampai Rp.7,5 Jt dan sisanya di tahap kedua,” ujarnya.

Rd Aas pun menambahkan, Kita juga telah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, penandatanganan MoU terkait bantuan 10 percontohan pembangunan ODF dalam hal pembuatan septictank, pungkasnya. (Dede)

Kontributor

Comment

Leave a Reply