by

Asri (Pengacara) Menggugat Wanprestasi Kepada Mantan Klien Lanjutan – Tipu Muslihat Mafia Tanah Terhadap Masyarakat Tak Paham Hukum (III)

-Artikel-99 views

Dengan adanya Perjanjian Jasa Fee Pengacara / Success Fee antara Asri dengan Suhar dan istrinya, maka Asri menggugat Suhar dan Istrinya sebagai Tergugat I dan Tergugat II karena telah wanprestasi tidak memberikan Success Fee kepada Asri sesuai yang ada dalam perjanjian tersebut ke Pengadilan Negeri (PN) Surakarta, karena Asri tidak menarik biaya operasional dalam menjalankan kuasanya dengan Surat Kuasa Khusus No.21/skk/05/2015 tertanggal 5 Mei 2015 sebagai pengacara dalam sengketa tanahnya dengan Yusny yang dalam gugatan wanprestasi didudukan sebagai Tergugat III.

Agar dalam gugatan tersebut terungkap kejelasan data yang sesungguhnya maka Asri mencantumkan Kepala Kantor Pertanahan Kota Surakarta sebagai Turut Tergugat I dan Kapolres Surakarta sebagai Turut Tergugat II.

Bahwa selain gugatan wanprestasi, Asri juga memohon kepada Majelis Hakim berkenan memerintahkan jurusita untuk melaksanakan sita jaminan atas tanah dan bangunan milik Suhar yang telah dibalik nama menjadi atas nama Yusny agar tidak dipindah tangankan dengan cara apapun.

Gugatan Wanprestasi dikabulkan oleh Majelis Hakim dengan menyatakan Suhar dan Istrinya (Tergugat I dan Tergugat II) melakukan perbuatan wanprestasi dan Menghukum Suhar (Tergugat I) mempunyai kewajiban membayar jasa fee success kepada Asri (Penggugat) sesuai perjanjian, serta menyatakan dan memerintahkan BPN Surakarta (Turut Tergugat I) untuk tidak melakukan segala pencatatan transaksi atas sertipikat tanah di Semanggi tersebut. Gugatan tersebut telah mendapatkan kekuatan hukum tetap (inkracth) tanggal 19 Mei 2016. Berdasarkan putusan tersebut Asri mengajukan permohonan Sita Eksekusi atas obyek sengketa di Semanggi, Solo yang telah disita oleh Ketua PN Surakarta dalam Penetapan Sita Eksekusi tanggal 9 Agustus 2016 dan telah dilakukan Berita Acara Sita Eksekusi pada 31 Agustus 2016.

Merasa dirugikan dengan adanya Sita Eksekusi atas obyek tanah yang telah dibayar oleh Si Pembeli, maka si Pembeli pada 12 Oktober 2016 melakukan gugatan perlawanan (derden verzet) ke Pengadilan Negeri Surakarta.

Bersambung ke Gugatan Perlawanan Si Pembeli …………

 

Oleh : Danny T.Susetyo

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed