by

Aroma Kopi Jejer Dupa Sari Seni Rupa Budaya Peradaban Manusantara 2022

-Artikel-92 views

Budaya Peradaban adalah akumulasi dan sinergitas perwujudan dari 3 Aktivitas Utama Manusia, yaitu Berpikir, Berucap dan Bertindak.

Serial : Terobosan Pola Pikir dan Pikiran Yang Mau Berpikir dalam Membangun Budaya Peradaban Manusantara 5.2.

Terobosan dalam Pembentukkan Pola Pikir dan Pemikiran Manusia di Jaman Jagad Renovasi Total 2022 ini, menjadi terbukti ada, JUSTRU berangkatnya dari bidang SENI RUPA, karena bagi saudara Anang Petong Art House, SENI RUPA sesungguhnya terjadi dan dimulai menjadi berkelanjutan berawal mula jadi dari segala sesuatu yang terdekat dengan Kita, di Candi Borobudur disebut SENI RUPA RUPADATU, hingga berlahan namun pasti menuju tampilan Seni RUPA berspiritkan daya Holografis Gelombang Frekuensi hingga Tanpa Rupa, Tanpa Warna dan Tanpa Bentuk, yang disebut saudara Anang sebagai Spiritual, di Budaya Peradaban Jawa Kuno Klasik dikenal istilah Tan Kinaya Napa Napa, yaitu sudah tak berupa dan tak ada lagi wujud, di Candi Borobudur disebut ARUPADATU.

Inilah terobosan JUGA merupakan TEROBOSAN dari dan kepada Mbah Coro Warung Celeguk untuk Program 21 Tahun Ruwat Rawat Borobudur di 21 Desa Dusunnya.

colek SENIMAN SENI RUPA Kawasan Eloprogo Art House Abang Sony Santosa

Bagi Saudara Anang sendiri, segala sesuatu yang terdekat dengannya adalah SENI, DRAMA dan TANI maka jadilah narasi dan Pagelaran SENI RUPA, SENDRA TANI, 22 November 2022.

Sejarah Peristiwa Kejadian dan Kisah Anang Petong Art House dkk tersebut, sungguh telah memicu, mentriger dan menginspirasi Kita dalam menggunakan metodologi pendekatan SENI RUPA ala Anang Petong Art House dkk ini.

Keberanian untuk membangun literasi seni rupa berbasis apa yang ada di sekitar dan apa saja yang terdekat dan apa yang paling dekat dengan Kita.

Keberanian untuk menemukan sumber penyegaran, sumber pembebasan daya kreativitas, kepekaan, kesadaran, inovasi, transformasi, hingga segala potensi kemungkinan terobosannya, justru berangkat dari kesadaran diri atas segala potensi apa saja yang terdekat dengan Kita dan paling dekat dengan Kita, berangkat dari menghayati keanekaragaman hayati di lereng pegunungan BROMO TENGGER SEMERU, di lereng atas, lereng tengah dan lereng bawah.

Keberanian untuk berpikir dan berjiwa besar justru berangkat dari kesederhanaan ke kayaan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada di sekitar Kita yang terdekat dan yang paling terdekat dalam diri Kita adalah bukti keberadaan terobosan angka aksara seni rupa budaya peradaban manusantara manusia sastra budaya canggih, dalam wujud SENI RUPA yang MERDEKA MAHARDHIKA dari segala bentuk yang tidak menghargai keunikan pribadi, kebugaran etnosains dan keindahan karakter kekhasan yang dianugerahkan oleh Tuhan Sang Maha Pencipta dan Maha Kreatif, yaitu tak ada satu bentuk ciptaanNya yang identik sama dan serupa persis, dalam semesta keanekaragaman hayati, yang justru merupakan asset tercanggih dari kekayaan potensi bentangan katulistiwa Indonesia Raya Kita ini adaNya.

Landasan berpikir, berucap dan bertindak SENI RUPA oleh Saudara Anang Petong Art House salah satunya adalah Etnosains.

Kata ethnoscience (etnosains) bersasal dari kata ethnos (bahasa Yunani) yang berarti bangsa, dan scientia (bahasa Latin) artinya pengetahuan. Oleh sebab itu, etnosains merupakan pengetahuan yang dimiliki oleh suatu individu dan komunitas budaya.

Catatan Peneguhan Kita :

Pembelajaran fisika berbasis kebudayaan atau yang bisa disebut dengan Etnofisika merupakan hubungan budaya dengan konsep fisika. Salah satu aspek yang prospektf untuk dikaji sebagai bahan konten pembelajaran fisika adalah budaya.

Etnokimia adalah studi kimia dari perspektif budaya yang turut berkontribusi membentuk suatu kebudayaan dan ilmu pengetahuan.

Serial Simpulan : Seruput Kopi Ngopi Komando Pikiran Ngobrol Peradaban Indonesia dari Keberadaan Keberanian Untuk Merdeka Mahardhika Membaca Realita 5.2 berbasis Etnosains Dan SENI RUPA Anang Petong Art House inilah, salah satu momentum kebangkitan budaya peradaban manusantara 2022 di Abad 21 ini.

Terobosan untuk melakukan Kajian dan Riset Budaya Peradaban Manusia Sastra Budaya Canggih 5.2.

Kita lakukan dalam paparan buku maha karya saudara Khairuddin Lubis yang bertajuk MEMBUKA TABIR POTENSI DIRI, terbitan Bamboo Spirit Nusantara 2022.

Bersinergitas dan berkolaborasi dengan :

Inilah Kontribusi AROMA KOPI KOBUTIK untuk membangun Aplikasi Budaya Peradaban Manusantara 2022 di Abad 21 ini

Aroma KOPI khususnya RASA AROMA KOPI KOBUTIK KOPI BAMBU BATIK dari Lembah Gunung Arjuna Jawa Timur juga dalam wujud KOPI KOmando Pikiran dalam RASA BERRUPA dan RASA TAK BERUPA.
JEJER berdampingan dengan AROMA DUPA SARI DUPA WANGI AROMATERAPI, keduanya memiliki kekayaan kandungan SENI RUPA dari proses klasik alamiahnya hingga proses masak biji bean kering hasil kopi petik merah, biji bean kopi merah petik cherry diroasted dengan tangan terlatih dan kesadaran rasa kopi yang mumpuni.

Adalah rangkaian aktivasi dan aktivitas berkesadaran yang berkelanjutan dengan metode pembelajaran partisipasi aktif riset serta monitoring evaluasi yang terbaharuhkan terus menerus.

Redesign The World With Bamboo telah lahir dan Kita lakukan sejak desember 2013 hingga desember 2022, oleh Bamboo Spirit Nusantara Support System mulai dari Teknologi Terapi Meditasi Multidimensi Limas Bamboo Segi 8 sejak tahun 2012, lanjut ke Kopi Bambu Batik dari 2015 hingga Dupa Sari Dupa Wangi Aromaterapi 2022 merupakan wujud media untuk mengkolaborasikan dan menggefektifkan kinerja pikiran dan pola pikir yang mau berpikir dalam membangun Budaya Peradaban Manusantara 2022 di Abad 21, dalam berpikir, berucap dan bertindak menggunakan kesadaran diri, kesadaran badan, pikiran, jiwa dan ruh, dalam mengembang Potensi Diri sesuai kehendak Ilahi Tuhan Semesta Raya beserta segenap alam beserta segala isinya.

Dalam Kitab Kartu I Ching, Kitab Perubahan Angka 5 adalah Kebutuhan, Angka 2 adalah Responsibilitas dan 52 adalah Serenity, yaitu Peradaban itu sendiri.

Penulis & Aplikator : Guntur Bisowarno

Kontributor