by

Anggota DPRD Garut Apresiasi Lumbung Sosial Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Bencana Hadir di Garut Kota

-Nasional-161 views

Wartaindonews, Garut – Anggota DPRD Kabupaten Garut dari Fraksi PDI-Perjuangan Yudha Puja Turnawan mengapresiasi terobosan Menteri Sosial Tri Rismaharini yang merealisasikan lumbung sosial di kawasan bencana, salah satunya di Kabupaten Garut.

Sebelumnya lumbung sosial pun telah direalisasikan di Kecamatan Sukawening, Kecamatan Karang Tengah dan Kecamatan Sukaresmi saat terjadi Banjir Bandang dan longsor lalu. Kali ini Kemensos pun merealisasikan lumbung sosial ditiga Kecamatan yaitu lumbung sosial Kecamatan GarutKota, Kecamatan Tarogong Kidul dan Kecamatan Banjarwangi paska terjadinya Banjir dan longsor pada (15/07/2022) lalu.

“Saya selaku anggota DPRD Garut mengapresiasi terhadap Kementerian Sosial yang telah membentuk lumbung sosial di tiga kecamatan yang rawan bencana alam dalam membantu percepatan distribusi bantuan bagi warga apabila terjadi bencana alam,” kata Yudha Puja Turnawan yang juga Ketua DPC PDI-perjuangan Garut, saat ditemui disela penurunan logistik untuk lumbung sosial, Kamis (11 Agustus 2022)

Dikatakan Yudha Puja Turnawan, lumbung sosial merupakan solusi yang patut didukung karena adanya lumbung sosial ini untuk memastikan warga tetap mendapatkan dukungan terhadap kebutuhan sosial selama bencana terjadi.

“Jadi Lumbung Sosial yang dibentuk Kementerian Sosial bertujuan agar penanganan bencana dapat dilakukan sesegera mungkin dengan langkah cepat, tepat dan terkoordinir sehingga tidak terjadi keterlambatan dalam penanggulangan bencana korban bencana alam,” tandasnya

Ia menambahkan, lumbung sosial merupakan sarana untuk membantu masyarakat terdampak bencana agar tetap memiliki akses terhadap kebutuhan pokok.

“Lumbung sosial tidak hanya berisi bahan makanan, tetapi juga ada kebutuhan lainnya, seperti genset, bahan bakar, perahu karet, penjernih air, pompa air, dan tenda,” pungkasnya.

Kontributor