by

Akibat Hujan Deras, Puluhan Rumah Warga Tergenang Air Bercampur Lumpur

Wartaindonews, Sigi – Hujan deras yang mengguyur disertai lumpur, kembali terjadi di Desa Poi, Kec.Dolo Selatan, Kab Sigi,Prop Sulawesi Tengah pada Minggu, (8/12/2019), pukul 05.30 WITA dinihari, sehingga mengakibatkan pemukiman warga setempat tergenang air dan lumpur.

Tak hanya itu, puluhan rumah warga, disertai lumpur juga menyeret material kayu dan bebatuan juga menutup badan jalan di desa tersebut. Akibatnya, arus Palu-Bangga sempat lumpuh.

”Arus Palu-Bangga yang sempat lumpuh sekitar 6 jam, kini kembali bisa dilalui setelah satu unit alat berat dari Pemkab Sigi di turunkan.

Berdasarkan data yang diperoleh, untuk rumah warga, sebanyak 30 unit yang terendam lumpur, namun yang parah sekitar 15 rumah,” ungkap Camat Dolo Selatan, Jalil, yang di temui di lokasi.

Camat Dolo Selatan mengatakan, saat ini warga setempat akan di evakuasi ke tempat yang lebih aman, mengingat banjir lumpur susulan sangat berpotensi, sebab saat ini sudah masuk pada musim penghujan.

Sebagian warga akan kita ungsikan dulu ke Huntara, mengingat longsoran gunung di sana mulai turun.

Bupati Sigi Moh.Irwan Lapatta, S.Sos.,M.Si juga menyarankan agar wilayah ini segera di kosongkan karena berada dalam zona merah, apalagi bulan Desember biasanya musim hujan,” terang Jalil. (hms)

Comment

Leave a Reply

News Feed