by

Acara Rutin Ruwahan, Dukuh Jurug Wayangan Sehari Semalam

-Budaya, Daerah-391 views

Wartaindonews, KLATEN – Dukuh Jurug Rw 02, Desa Sukorejo, Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten, semalam dilaksanakan acara rutin ruwahan yang diperingati setiap tanggal 15 bulan sya’ban. Senin (22/4/2019).

Diawali acara Kendurian tahunan dengan pembuatan gunungan dari sayur mayur, buah-buahan, dan jajanan serta ditutup dengan acara pagelaran wayang kulit dan menghadirkan 2 dalang pria dan 2 dalang wanita.

Kepala Desa Sukorejo diwakili oleh Kadus Parno mengatakan, acara rutin ruwahan setiap tanggal 15 bulan sya’ban merupakan kenduri tahunan yang secara turun-temurun diisi dengan acara pagelaran wayang kulit siang dan malam.

Pak Ratno Dur selaku ketua Rw 02 Dukuh Jurug membenarkan bahwa kegiatan tersebut sudah ada sejak tahun 1951.

Menurut kepercayaan warga sekitar, sudah menjadi tradisi bahwa dalang yang mengisi acara di Dukuh Jurug akhirnya menjadi Dalang yang terkenal.

Acara pagelaran wayang kulit siang kemarin mengambil Lakon Kunti Dharmo sekaligus memperingati hari Kartini. Dan malam kemarin ditutup dengan Lakon Wahyu Tejo Moyo.

Acara Nyadran desa sebagai wujud rasa syukur sekaligus melestarikan budaya dan tradisi.

Warga sangat antusias menghadiri acara tersebut dan ini dibenarkan oleh bapak Santoso selaku warga Dukuh Jurug. (Ririn/SDN)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed