by

Acara Nyadran/Bersih Desa di Klaten, Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Wartaindonews, KLATEN – Tradisi acara Sadranan atau lebih beken dengan sebutan acara bersih desa yang saat ini sedang di laksanakan masyarakat desa Kwarasan Kecamatan Juwiring Kabupaten KLATEN.

Dalam acara sadranan kali ini masyarakat desa Kwarasan mengadakan acara pagelaran wayang kulit semalam suntuk, bertempat di bangsal padepokan makam desa Kwarasan dengan dalang ki Warsito dari desa Ngreden Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten mengambil judul WAHYU TUNGGUL WULUNG.
Masyarakat desa Kwarasan sangat antusias menyambut acara sadranan atau bersih desa yang di adakan setiap satu tahun sekali.

Bapak Martono selaku perwakilan dari aparat pemerintah desa setempat yang sehari-hari menjabat sebagai KAUR UMUM menyatakan dengan di adakannya sadranan atau bersih desa untuk merukunkan kebersamaan masyarakat desa Kwarasan dan nguri uri atau melestarikan budaya adat Jawa yang sangat adi luhung khususnya wayang kulit yang sudah ada sejak zaman para WALISONGO dan terutama yang sering dilakukan oleh Sunan Kalijaga untuk berdakwah.

Tanggapan Joko Suprobo selaku warga masyarakat merasa sangat senang dengan diadakannya acara sadranan atau bersih desa yang diadakan setiap tahun, sehingga tradisi warisan turun temurun masih ada dan tidak hilang.
Acara sadranan atau bersih desa hampir diadakan di seluruh desa di tiap-tiap kecamatan se Kabupaten KLATEN, rata rata diadakan menjelang bulan suci Ramadhan, tetapi ada juga yang diadakan selesai bulan Ramadhan yaitu bulan syawal. Ada juga yang diadakan bulan suro. (Ririn/SDN)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed